Apakah Benar Orang Jakarta Pemarah?

Ada hal-hal yang sudah lazim ditemukan di Jakarta. Di antaranya:

1. Bunyi klakson kendaraan bersahut-sahutan dan beriringan

2. Umpatan-umpatan kasar, seperti “Anj**g lo!” atau “Ban*sat lo!”

Keduanya adalah ungkapan kemarahan yang sering muncul di jalanan Jakarta saat lagi ruwet-ruwetnya. Keduanya juga barusan saya dengar dan lihat sendiri.

Saya yang lagi duduk setengah ngantuk dalam mikrolet, kaget dan sedikit terganggu karena bunyi klakson panjang dari mobil pribadi di belakang. Rupanya kendaraan yang saya naiki berada di jalur yang salah, sehingga menghalangi perjalanan kendaraan lainnya. Nggak lama, mobil itu bisa jalan lagi hingga posisinya bersebelahan dengan angkot yang saya naiki. Pengemudinya yang masih muda kemudian membuka kaca jendela mobilnya, lalu memaki supir mikrolet dengan umpatan kasar yang tertulis di atas, kemudian berlalu. Pengemudi mikrolet yang saya tumpangi nggak balas memaki, hmm mungkin karena sadar diri bahwa dirinya salah. Tapi tetap saja ia menggerutu, mungkin agak sakit hati karena dimaki.

Kemarahan sejenis ini nggak cuma sekali. Di commuter line, di bus, di jalan umum, ada saja orang yang nggak bisa membendung emosi. Lebaynya, bagaikan tiada hari tanpa amarah di Jakarta. Hahaha, kok menyeramkan ya.

Memang sih, Jakarta itu rumit. Jalanannya, penduduknya, transportasinya, kehidupan sosialnya.. semua kompleks. Rasanya memang nggak mudah hidup di Jakarta. Harus bisa dan mau usaha keras. Makanya sampai ada ungkapan “Jakarta keras”. Itu kali ya yang bikin orang Jakarta lebih emosional?

Kalau tiap hari melihat orang marah begini, saya jadi bertanya-tanya, apa benar orang Jakarta itu pemarah? Atau pemarah situasional? Atau gimana menurut Anda? 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Apakah Benar Orang Jakarta Pemarah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s