Terintimidasi Kata ‘Keren’

Barusan saya tidak sengaja mendarat di sebuah situs yang memuat cerpen-cerpen. Tapi ada satu artikel di luar cerpen yang sedikit bikin penasaran. Judulnya kurang lebih: Tips untuk Kirim Cerpen Supaya Bisa Dimuat.

“Klik.”

Di halaman itu ada beberapa poin yang kudu dilakukan penulis supaya cerpennya bisa dimuat. Poin terakhir, katanya: “Paragraf-paragraf akhir dan kalimat penutup harus keren.” Udah. Gitu aja.

Keren. Harus keren, katanya. Seperti apa keren itu?

Keren menurut saya dan Anda bisa jadi jauh berbeda. Paragraf penutup yang keren menurut saya bisa jadi sekadar cerita yang tak menggantung, jelas, tidak menimbulkan kebingungan, menjawab semua pertanyaan pembaca yang muncul dari awal cerita. Tapi bisa jadi keren menurut Anda adalah  memberi twist yang tak terduga-duga di akhir cerita, sampai semua orang bisa berkata “Gila!”; “Wah!”; dan sebagainya…

“Paragraf-paragraf akhir dan kalimat penutup harus keren.” Baca kalimat itu saya jadi terintimidasi.

Kadang-kadang dituntut untuk keren itu menakutkan. Saya atau mungkin orang lain yang senasib dengan saya jadi merasa tak bebas menulis, berekspresi, atau berkarya dalam bentuk apapun itu. Sebab, ada rasa takut karya saya tak keren seperti yang diharapkan orang-orang. Akhirnya tidak ada yang menampung, memuat, dan ujung-ujungnya ya… disimpan saja sampai berjamur.

Lama-lama seperti menyiksa diri sendiri. Ragu bikin ini atau itu karena takut hasilnya nggak keren, nggak laku, nggak diapresiasi. Kalau gitu terus kapan geraknya?

Mungkin frasa ‘cuek bebek’ tepat digunakan untuk masa-masa ini.. Masa-masa mau bikin sesuatu tapi terintimidasi duluan sama kata ‘keren’ atau ‘harus keren’.

 

Leave a Reply

